Beranda > Olah Raga > Newcastle United di Sisa Musim 2012/2013

Newcastle United di Sisa Musim 2012/2013

Newcastle United Tahun 2012 telah berakhir beberapa hari lalu, tahun 2013 sudah dimulai. Memasuki tahun baru, klub-klub sepakbola di Eropa mulai melakukan evaluasi, pembenahan melalui bursa transfer musim dingin, menguji strategi baru, bersiap menghadapi setengah kompetisi yang tersisa yang merupakan bagian paling menegangkan dan seru.

2012 diakhiri dengan kekalahan telak Newcastle United di kandang Arsenal 3-7. Kekalahan juga memulai awal 2013 ketika di Saint James’ Park, Newcastle kembali kalah 1-2 dari Everton padahal unggul terlebih dahulu. Desas-desus keluarnya penyerang utama, Demba Ba  ke Chelsea, akan mengkhawatirkan dalam hal penyelesaian akhir. Pappis Demba Cisse belum menemukan ketajamannya kembali seperti Januari tahun lalu di mana dia mencetak gol-gol penting. Jika Cisse telah menemukan ketajamannya kembali, maka kehilangan Demba Ba bisa dilupakan. Tapi perlu pelapis yang sepadan untuk Cisse jika dia mengalami kebuntuan lagi. Nama-nama di bangku cadangan saat ini kurang menjamin akan hal ketajaman walau nama sekelas Shola Ameobi ada. Musim lalu, Newcastle masih memiliki Leon Best di lini depan.

Alan Pardew tentunya lebih paham tentang apa yang diperlukan Newcastle untuk keluar dari zona degradasi. Lini belakang tentunya menjadi sorotan para penggemar Newcastle saat ini. Kebobolan 11 gol dalam 2 pertandingan (vs Arsenal (3-7) dan vs Manchester United (3-4) di saat menjelang akhir pertandingan adalah hal yang buruk. Mengingat musim kemarin, Newcastle tidak terlalu banyak kebobolan. Cederanya Steven Taylor dan Fabricio Collocini yang bergantian bukan sesuatu yang terlalu fatal sebenarnya jika permainan Mike Williamson dan James Perch masih bisa memberi jaminan seperti musim lalu. Tapi inkonsistensi keduanya menjadikan lemahnya pertahanan Newcastle saat ini. Tidak adanya pembelian pemain belakang tambahan juga bisa disalahkan para penggemar, karena pencapaian musim sebelumnya belum bisa dijadikan patokan bahwa lini belakang kita cukup kuat mengarungi musim berikutnya. Pembelian Vurnon Anita bisa diancungi jempol, karena Newcastle mendapatkannya dengan harga yang cukup murah. Kecepatan dan daya jelajah pemain berkebangsaan Belanda ini sangat baik.

Kehilangan Demba Ba memang belum menjadi masalah serius karena Pappis Cisse bisa mencetak gol semata wayang ke gawang Everton walaupun tuan rumah harus menelan kekalahan yang kesekian kalinya. Sorotan ditujukan kembali ke lini belakang yang tidak mampu mencegah gawangnya dari kebobolan. Lini tengah diharapkan mampu menampilkan kreativitas di saat aktor lini tengah Newcastle tengah bergelut dengan cedera. Ya, Hatem Ben Arfa dan Yohan Cabaye tidak diragukan adalah pilar terpenting di lini tengah Newcastle. Keduanya tengah bergelut dengan cedera, sehingga tidak bisa memperkuat tim dalam pertandingan-pertandingan terakhir kemarin. Sylvain Marveaux sebenarnya memperlihatkan sesuatu yang menjanjikan dalam hal kreativitas, pergerakannya dan umpan-umpan terukur mumpuni untuk melapis Hatem atau Yohan. Gael Bigirimana juga kokoh di lini tengah untuk melapis Anita atau Cheik Tiote. Pemain ini membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang cukup. Gabriel Obertan juga bisa menjadi opsi. Pemain ini adalah pemain sayap yang cepat dengan skil yang baik. Saya mengikuti perkembangannya ketika dia bermain untuk Bordeaux sebelum disia-siakan oleh Manchester United. Pardew bisa memanfaatkannya jika menghadapi lawan yang kuat dan membutuhkan serangan balik yang cepat. Dengan Jonas yang mulai kehilangan tajinya sebagai pemain winger, Obertan diharapkan mampu menggantikan Jonas ke depan nanti.

Mathieu Debuchy, pemain baru Newcastle United yang didatangkan dari Lille bisa menjadi kepingan penyempurna sisi kanan. Pemain ini bisa bermain di sisi kanan, baik sebagai pemain belakang maupun gelandang sayap. Newcastle memiliki Danny Simpson untuk posisi kanan, tapi kehadiran Debuchy memberikan persaingan sekaligus alternatif strategi jika diperlukan. Saya sendiri masih berharap Newcastle paling tidak mendatangkan 2 pemain di posisi belakang dan depan. Jika bisa berangan-angan, Nikica Jelavic mungkin bisa menjadi opsi. Jika Jelavic terlalu tua dan mahal, ada nama-nama seperti John Guidetti, Ola Tovoinen, atau target tidak realistik seperti David Villa atau Fernando Llorente. Untuk pemain belakang, pemain Ajax Toby Alderweireld bisa menjadi opsi berharga walaupun berharga mahal. Douglas dari FC Twente terlalu banyak pesaing yang berminat dan mungkin dia sudah kehilangan minat berlabuh di Saint James’ Park.

Mengingat Newcastle masih akan bersaing di 3 kompetisi, kedalaman skuad menjadi senjata untuk tetap kompetitif di setiap kompetisi. Di Liga Eropa, Newcastle akan berhadapan dengan Metalist Kharkiv dari Ukraina. Di Liga Inggris, masih ada 17 pertandingan tersisa yang harus dihadapi dengan tidak boleh ada kesalahan mengingat posisi di klasemen rawan tergusur dan hanya berjarak 2 poin dari zona degradasi. Kompetisi FA, pertandingan putaran ketiga akan dimulai akhir pekan ini di mana The Magpies, julukan Newcastle, akan berhadapan dengan Brighton dari divisi Championship dan diharapkan kali ini Newcastle bisa melangkah lebih jauh, kalau bisa merebut piala FA tersebut.

Siapapun pemain yang datang ke Saint James’ Park, selain Debuchy, atau tidak tetap para pemain yang tersisa harus bisa memperlihatkan form terbaiknya dan konsisten. Tentunya tempat ke 5 di musim lalu tidak hanya akan dianggap orang sebagai keberuntungan, tetapi sebagai posisi Newcastle sebenarnya jika melihat sejarah klub ini. Orang-orang tentunya, yang mengetahui sejarah sepakbola, tidak akan melupakan masa di mana klub ini selalu berada di papan atas di masa Kevin Keegan, Sir Bobby Robson di era EPL. Newcastle tentunya bukan sekedar klub kecil dari tenggara Inggris, tapi klub besar dengan pendukung setia yang memenuhi kursi-kursi di stadion. Dan yang tidak duduk hanya karena tim tersebut memenangkan trofi semata. Howay The Lads!

Iklan
Kategori:Olah Raga
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: