Beranda > Olah Raga > AC Milan Dengan Wajah Baru

AC Milan Dengan Wajah Baru

Bola itu bundar. Itulah ungkapan khas dalam permainan sepakbola yang menyatakan ketidakpastian. Ya, ketidakpastian itu bergulir seiring dengan pertandingan yang seringkali hanya bisa dinilai orang dari atas kertas, tapi tidak dengan di lapangan. Orang tidak bisa menilai dengan sembarangan karakter seorang pemain.

AC Milan, musim ini melakukan perombakan besar-besaran. Apa yang terjadi? Kerugian! Ya, klub sepakbola asal Italia ini mengalami kerugian secara keuangan sejak 2007. Bukan kerugian saja yang menjadi halangan, tetapi keputusan federasi sepakbola Eropa yang mengeluarkan kebijakan Financial Fair Play untuk tim-tim yang berkompetisi di Eropa (Liga Champions dan Liga Eropa). AC Milan bukanlah klub kaya yang selalu menggantungkan diri kepada sang pemilik seperti yang dialami oleh klub-klub biasa yang tiba-tiba menjadi klub miliyuner seperti Manchester City atau Chelsea atau PSG yang membelanjakan pemain secara jor-joran.

Dimulai dengan revolusi peremajaan pemain. Tidak ada yang salah dengan hal ini karena selama satu dekade belakangan ini Milan dikenal sebagai dengan tim veteran. Para pemain veteran yang berkumpul menjadi sebuah tim. Semua para Milanisti pasti tidak akan lupa dengan Alessandro Costacurta atau Paolo Maldini yang masih bermain sampai usia 40. Bahkan, nama terakhir yang menjadi simbol pemimpin AC Milan pada medio akhir 90an sampai 2009 belum tergantikan sampai dia pensiun. Rata-rata pemain belakang Milan berada pada angka 30+ tahun. Belum lagi para gelandang veteran seperti Gennaro Gatusso atau Andrea Pirlo atau dirijen lapangan tengah Clarence Seedorf yang telah bermain bersama hingga 10 tahun menjadi titik lemah Milan dalam melakukan peremajaan. Bukannya tidak menghormati mereka, tapi ada kalanya perlu pengorbanan demi meregenerasi pemain. Legenda lainnya, Filipo Inzaghi memilih untuk pensiun.

Dan musim ini, adalah awal sebuah Milan dengan era yang baru. Kali ini dikomandoi oleh Massimo Ambrosini dan Christian Abbiati sebagai pemain veteran Milan yang tersisa yang telah puluhan tahun memakai seragam merah-hitam. Sisanya? Adalah wajah-wajah baru yang baru 4-5 tahun berada di Milanello dan merupakan tantangan tersendiri dalam mengarungi musim ini.

Milan membeli Cristian Zapata dari Villareal untuk menutup lubang besar yang ditinggalkan Thiago Silva. Termasuk di dalamnya Francesco Acerbi sebagai pelapis Zapata atau Mexes yang kemungkinan bakal menjadi tandem di lini belakang. Pemain tim nasional Azzuri, Ignazio Abate dipastikan akan mengawal sisi kanan pertahanan AC Milan serta Luca Antonini di sisi kiri pertahanan. Daniel Bonera dan Mario Yepes dipastikan menjadi veteran yang akan membagikan pengalaman dalam mengawal pertahanan Milan nanti. Menarik disimak lini belakang Milan yang baru ini.

Lini tengah Milan yang menjadi pusat perhatian saya. Lini inilah yang menjadi sisi optimistis saya sebagai fans Milan dalam mengarungi kompetisi musim 2012/2013. Walaupun diragukan untuk berbicara banyak di kompetisi Eropa, tapi untuk kompetisi lokal, lini tengah Milan lah yang terbaik. Akuisisi terbaik menurut saya adalah Ricardo Montolivo dan Sulley Muntari. Dua pemain tengah yang akan memberikan perbedaan dalam permainan Milan nanti. Nocerino telah memberikan kejutan pada musim lalu dengan menjadi top skor kedua klub. Kembalinya Mathieu Flamini, yang sebenarnya tengah menurun performanya sejak cedera panjang musim lalu bisa menjadi kunci solid lini tengah Milan. Belum lagi Urby Emanuelson yang makin berkembang dari sisi permainannya dapat diandalkan nantinya jika trio gelandang utama Milan sedang mengalami kebuntuan. Kevin Boateng akan menjadi penghubung lini tengah dan lini depan. Energy tanpa lelah dia di 2 musim sebelumnya akan menjadi lebih diandalkan mengingat kepergian Zlatan Ibrahimovic ke tim semenjana PSG. Bakaye Traore, Kevin Constant, atau Mattia Valoti harus bisa menjadi alternatif lain ketika Milan sedang mengalami kehilangan pemain di lini penting ini.

Ada yang bilang, bahwa pembelian Gianpaolo Pazzini sebagai kerugian karena Milan harus melepas Antonio Cassano ke Inter Milan sebagai alat barter. Dalam sisi kualitas, ya tapi tidak dalam beberapa hal lainnya seperti keperluan strategi dan peremajaan. Ya, Pazzini adalah sosok yang dibutuhkan Milan saat ini dalam perihal strategi nantinya. Jika Cassano dipertahankan, maka Milan tidak memiliki sosok oportunis di lini depan. Pazzini adalah sosok yang pas. Saya yakin itu. Di satu sisi Milan akan memaksimalkan Pazzini ketika Robinho atau Pato sedang tidak konsisten atau cedera. El Shaarawy adalah pemain muda yang berpotensial menjadi kartu As pada musim ini. Masih menunggu permainan El Shaarawy sesungguhnya karena dia belum menunjukkan itu pada musim kemarin.

Massimiliano Allegri, pelatih Milan yang datang sejak 2 musim lalu masih dipercaya oleh Godfather Silvio Berlusconi untuk musim ini. Pencapaian musim kemarin yang tidak mendapatkan gelar apa-apa menjadi lampu kuning Allegri pada musim ini. Apalagi ditambah dengan kepergian para pemain-pemain senior Milan yang tidak diperpanjang lagi kontraknya serta dijualnya duet bintang Milan, Thiago Silva dan Zlatan Ibrahimovic, kali ini Allegri harus bergantung kepada kepandaiannya mengatur strategi. Ya, strategi Allegri dalam meramu pemain-pemain yang dikatakan orang pemain kelas dua atau kelas tiga ini akan mempertaruhkan seluruh hal terbaik dalam diri Allegri. Lionel Messi, tanpa sentuhan dari Guardiola tidak akan sehebat sekarang ini. Kemampuan Allegri benar-benar menjadi ujian musim ini dan dipertaruhkan.

Musim ini, AC Milan dengan wajah baru! Forza Milan, Tu Sei Tutta La Mia Vita.

Curva Sud will always rock!!

To A New Beginning…

A Brand New Start…

 

Iklan
Kategori:Olah Raga
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: